LAPORAN AKHIR PERCOBAAN 4



1. Jurnal


2. Alat dan Bahan

a. Saklar


 

b. Power Supply VCC


 

c. Ground


 

d. Led 


 

e. JK Flip Flop with Preset and Clear


 

f. D flip flop with Preset and Clear 


 

3. Rangkaian Simulasi

4. Prinsip Kerja Rangkaian

Rangkaian pada percobaan 4 ini menggunakan JK flip flop dengan PRESET dan CLEAR, dan D flip flop dengan PRESET dan CLEAR. Untuk inputnya adalah switch dengan 7 saklar yang diberi nama B0 – B6 yang dihubungkan dengan VCC. B0 dihubungkan ke CLEAR di kedua flip flop, B1 dihubungkan dengan PRESET di kedua flip flop juga. B2 dihubungkan dengan J pada JK flip flop. B3 dihubungkan dengan CLOCK (yang aktif pada fall time) pada JK flip flop. B4 dihubungkan dengan K pada JK flip flop. B5 dihubungkan dengan D pada D flip flop. B6 dihubungkan dengan CLOCK (yang aktif pada rise time) pada D flip flop. JK flip flop memiliki 2 output yaitu Q dan Q’, begitu juga dengan D flip flop juga memiliki 2 output yaitu Q dan Q’. Setiap output dihubungkan dengan LED sebagai penanda adanya keluaran dari masing masing flip flop.

Prinsip kerja rangkaian ini yaitu dengan memvariasikan input dari flip flop dengan mengganti-ganti 7 switch, apakah mati atau hidup. Sesuai dengan table kebenarannya maka output dari masing masing flip flop akan bervariasi juga.

Contoh pada kondisi B0 B1 B2 B5 dab B6 berlogika 1 atau terhubung dengan VCC, B3 pada kondisi fall time, B4 berlogika 0 atau tidak terhubung dengan VCC, maka pada JK flip flop karena PRESET dan CLEAR berlogika 1 artinya tidak aktif, sedangkan J logika 1 dan K berlogika 0, sesuai dengan tabel kebenarannya outputnya adalah Q artinya LED1(merah) akan menyala, dan pada D flip flop karena PRESET dan CLEAR berlogika 1 artinya tidak aktif, sedangkan D berlogika 1, sesuai dengan table kebenarannya maka outputnya adalah Q artinya LED3(hijau) akan menyala.

 

5. Video Praktikum

Percobaan 4

6. Analisa

1.      Bagaimana jika B0 dan B1 sama sama diberi logika 0, apa yang terjadi pada rangkaian?

2.      Bagaimana jika B3 diputuskan/tidak dibubungkan pada rangkaian  apa yang terjadi pada rangkaian

3.      Jelaskan apa yang dimaksud kondisi toggle, kondisi not change, dan kondisi terlarang pada flip flop

 Jawab :

1.      Jika B0 dan B1 pada kondisi 0, ini adalah kondisi terlarang karena pada kondisi ini akan terjadi kondisi tidak stabil, karena diawal Q dan Q' adalah logika 1, setelah akan berubah menjadi logika 0, ini adalah kondisi tidak stabil, sehingga kondisi ini adalah terlarang.

Tetapi pada simulasi dengan menggunakan multisim, yang hanya hidup adalah Q ketika switch diganti ganti dan kembali pada kondisi 0 dan 0 outputnya menjadi Q'

 

2.      Jika B3 diputuskan, maka yang paling berpengaruh adalah JK flip flop, Karena B3 terhubung dengan clock di JK flip flop. Dan yang terjadi pada rangkaian adalah JK Flip Flop masih mengeluarkan output, tetapi jika input J dan K divariasikan, tidak akan mengalami perubahan, karena clock tidak terhubung. Fungsi clock pada JK flip flop adalah untuk mengendalikan setiap keluaran dari JK flip flop. Dan untuk D flip flop tidak terjadi perubahan, karena tidak ada input yang di putuskan.

 

3.       Kondisi toggle, adalah situasi pada flip flop dimana keluaran yang sebelumnya akan melakukan pergantian, contohnya jika ouput Q=1, dan Q'=0, pada kondisi toggle akan melakukan pergantian, sehingga ouputnya menjadi Q=0, dan Q'=1.

Kondisi not change, adalah kondisi pada flip flop dimana akan mempertahankan kondisi sebelumnya atau tidak mengalami perubahan. Contohnya jika output Q=1, dan Q'=0, pada kondisi not change maka outputnya menjadi Q=1, dan Q'=0, tidak mengalami perubahan

Kondisi terlarang, adalah kondisi pada flip flop yang tidak boleh digunakan, karena flip flop adalah multivibrator bistabil, dimana pada kondisi apa pun akan mempertahankan outputnya. Tetapi pada kondisi terlarang ini flip flop mengalami tidak stabil, sehingga outputnya akan berubah- ubah, contonya pada RS flip flop, dimana R=1 dan S=1, adalah kondisi terlarang, output Q dan Q'menjadi 1 dan berubah menjadi 0, setelah itu berubah lagi menjadi 1, sehingga tidak stabil.

 

7. Download file

HTML

Rangkaian simulasi

Video percobaan 4



Tidak ada komentar:

Posting Komentar